بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Untuk mencapai tujuan perusahaan
secara maksimal dibutuhkan etos kerja yang baik pada perusahaan tersebut. Etos
kerja yang baik dalam suatu perusahaan akan membuat karyawannya memahami
bagaimana cara mereka bekerja setiap harinya dan juga dapat membuat karyawan
merasa senang dengan pekerjaannya. Cara berfikir, bersikap, dan berbicara
karyawan dipengaruhi oleh etos kerja yang ada di dalam perusahaan. Dalam diri
karyawan etos kerja yang baik itu sendiri dapat ditumbuhkan dengan memahami dan
berfikir positif terhadap karakteristik pekerjaan yang dilakukannya, terutama
jika karyawan tersebut mampu menumbuhkan sikap aktif, kreatif, dan inisiatif
dalam bekerja. Oleh karena itu kelangsungan suatu perusahaan tergantung dari baik
tidaknya etos kerja yang dimiliki oleh setiap karyawan yang ada pada perusahaan
tersebut.
Dalam meningkatkan etos kerja ada
beberapa skill yang harus dimiliki
oleh karyawan. Salah satunya yaitu Agile
atau dapat diartikan dengan lincah ataupun cerdas. Karyawan tidak hanya
dituntut untuk bekerja keras, tetapi juga harus bekerja secara lincah dan juga
cerdas. Bekerja secara lincah / tangkas ini yaitu tindakan dimana seorang
karyawan tahu mana pekerjaan yang harus didahulukan. Dengan bekerja secara
tangkas maka seorang karyawan tidak akan tertinggal dengan perkembangan zaman
yang semakin maju ini. Mencoba berpikir kedepan dan belajar dari masa lalu merupakan
pandangan utama dari orang yang bekerja tangkas. Berpikir apakah tindakan yang
dilakukan akan memberikan hasil yang maksimal, sehingga kesalahan yang sama
tidak akan terulang lagi. Kerja cerdas merupakan kerja dimana telah diplanning secara matang terlebih dahulu
sebelum melakukannya. Ketika seseorang bekerja secara cerdas, maka ia akan
menghemat waktu dan juga tenaga dalam pekerjaannya. Kerja cerdas membuat
pekerjaan menjadi lebih efisien tanpa memaksa diri terlalu keras dalam bekerja,
serta cenderung menghasilkan solusi-solusi yang brilian untuk mengatasi masalah
yang ada. Jadi, bekerja secara lincah dan cerdas dapat menghemat waktu dalam
bekerja dengan memberikan hasil akhir yang optimal.
Memperluas jaringan / hubungan bahkan
secara internasional merupakan salah satu komponen penting yang harus dimiliki
oleh suatu perusahaan. Perusahaan yang menginginkan pertumbuhan secara cepat
harus memperluas posisi mereka secara internasional. Network atau jaringan itu sendiri bersumber dari manusia yang
melakukan pekerjaan. Semakin luas Network
yang dimiliki, semakin banyak pula informasi-informasi penting yang bisa
diperoleh. Sehingga jika dalam melakukan pekerjaan terdapat masalah, akan ada
banyak pihak yang bisa membantu untuk mengatasi masalah tersebut. Kemampuan
untuk mengembangkan hubungan
tergantung dari keterampilan yang dimiliki, yaitu kemampuan untuk memulai dan
membangun sebuah koneksi yang tepat. Setelah itu peliharalah koneksi tersebut
dengan sebaik-baiknya, sehingga manfaat hubungan dalam pekerjaan ini akan
sangat terasa. Keengganan dalam mengembangkan hubungan akan membuat masa depan
karyawan ataupun perusahaan menjadi suram. Dalam bekerja hubungan yang dibina
tidak hanya di lingkungan internal saja, tetapi juga di lingkungan eksternal
hingga skala internasional. Dengan memperluas hubungan hingga skala
internasional akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah, cepat, dan efektif. Network yang tepat dapat menghindari
pekerjaan yang menghabiskan waktu dan tidak perlu, dengan cara mencari
informasi dari sumber-sumber yang lebih kompeten.
Dalam dunia kerja kemampuan teknis
bukanlah hal yang utama bagi seorang karyawan, tetapi sikap mental positif dan
keinginan terus belajar adalah hal yang utama dan sangat penting. Keinginan
terus belajar sangatlah penting dan bisa diaplikasikan dimana saja, terutama
belajar dari rekan kerja dan lingkungan sekitar. Seorang karyawan dapat menimba
ilmu dari rekan kerjanya, baik itu senior ataupun juniornya. Karena dalam
bekerja tidak bisa jika hanya mengandalkan kemampuan individual saja, tetapi
dibutuhkan kerja tim agar terciptanya hasil yang optimal. Ketika seorang
karyawan merasa dirinya pintar, tetapi ia tidak ada respect kepada rekan kerjanya ataupun merasa lebih hebat, maka
kepintarannya itu menjadi percuma saja, karena akan merugikan perusahaan dan
dirinya sendiri. Mempelajari hal-hal atau pekerjaan baru bagi seorang karyawan
tidak hanya menambah ilmu bagi dirinya, tetapi juga menambah pengalaman bagi
jenjang karir nya. Berusaha mengerjakan hal-hal baru yang positif tentu akan
mengasah kemampuan diri dan “memaksa” diri untuk keluar dari zona nyaman.
Keluar dari zona nyaman memang terdapat resiko yang akan dihadapi, tetapi jika
berada di zona nyaman tidak hanya menghindarkan diri dari resiko, melainkan juga
kesuksesan. Resiko disini adalah mempertaruhkan kenyamanan yang dirasakan
selama ini untuk meraih hasil yang lebih baik nantinya. Jika hal ini tidak
berani dilakukan, tentu saja seseorang akan bergerak di tempat dan tidak akan
maju, sehingga zona kesuksesan pun sulit untuk dicapai. Terus belajar hal-hal
baru dan keluar dari zona nyaman akan membuat seseorang menjadi pribadi yang
kreatif, sehingga nantinya ia akan tahu kemampuan tersembunyi yang ada di dalam
dirinya.
Sikap dapat dipercaya dan diandalkan
yang dimiliki oleh karyawan merupakan hal yang penting baik dalam perusahaan
maupun kehidupan pribadinya. Agar seseorang dapat menjadi orang kepercayaan,
terlebih dahulu harus membuktikan diri bahwa ia layak dipercaya. Hal ini
berarti ia dapat menjalankan pekerjaannya dengan baik dan penuh tanggung jawab
terhadap tugas yang diberikan, baik dalam kondisi diawasi ataupun tidak oleh pimpinannya.
Dalam hal ini setiap individu seharusnya memiliki kesadaran untuk meningkatkan kapasitas
dan kemampuan dirinya agar bisa menjadi pribadi yang dapat diandalkan dan
dipercaya. Untuk menjadi pribadi yang bisa diandalkan seseorang semestinya
bekerja secara cerdas, keras, dan cermat. Selain itu sikap tulus, kreatif,
jujur, aktif, peduli lingkungan sekitar, dan disiplin dalam bekerja merupakan
nilai tambah seseorang dimata rekan kerja ataupun pimpinannya. Tugas yang
diberikan berarti suatu kepercayaan yang diberikan oleh atasan, dan jangan
sia-siakan kepercayaan yang telah diberi. Jika berbuat kesalahan akuilah
kesalahan tersebut dan meminta maaf serta memperbaikinya. Meskipun pekerjaan
yang diberikan itu banyak, tetaplah bertanggung jawab menyelesaikannya secara
maksimal tanpa pernah mengeluh ataupun meremehkan pekerjaan itu, sehingga pekerjaan
akan selesai dengan cepat dan dengan hasil yang memuaskan. Untuk dapat menjadi
individu yang bisa diandalkan, juga diharuskan adanya komunikasi dengan orang
lain ataupun rekan kerja secara baik, mempunyai sikap positif dalam bekerja,
dan mengembangkan diri secara terus-menerus. Ketika karyawan dan pimpinan sudah
menjadi individu yang dapat diandalkan, maka setiap orang dalam perusahaan akan
menjadi kuat dan perusahaan akan terus berkembang ke arah yang lebih baik.
Sebagai makhluk sosial manusia cenderung
tidak bisa hidup sendiri. Begitu pula di dalam perusahaan, seseorang tidak bisa
bekerja sendiri untuk memajukan perusahaan tempatnya bekerja. Perusahaan yang
ingin bergerak maju dengan brilian dibutuhkan kerja sama tim yang brilian pula
antara bagian dan divisi dalam perusahaan tersebut. Jika antar bagian bekerja
sendiri-sendiri tanpa ada kerja sama, maka akan sulit untuk mencapai tujuan
perusahaan. Kerja sama tim merupakan peleburan berbagai individu yang menjadi
satu untuk mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu ego masing-masing individu
harus disingkirkan. Keahlian masing-masing anggota tim akan mempercepat proses
pencapaian tujuan jika adanya kerja sama yang baik antara satu sama lainnya. Agar
terciptanya kerja sama tim yang solid dalam perusahaan, setiap komponen
perusahaan harus menentukan target bersama yang ingin dicapai. Karena tanpa
adanya target, akan membuat pekerjaan yang dilakukan menjadi tidak terarah atau
salah sasaran. Diharapkan dengan adanya target yang sama, setiap komponen perusahaan
akan saling bekerja sama untuk mencapai target tersebut. Dan juga dibutuhkan sikap
saling mendukung dan mengerti satu sama lain, pembagian tugas yang baik dan
adil antar anggota tim, serta sikap saling menghargai dan percaya antar individu
untuk terciptanya kerja sama yang efektif. Dengan adanya kerja sama yang efektif
antara satu pihak dengan pihak lainnya, tugas dari setiap individu akan menjadi
lebih ringan dan cepat selesai, sehingga tujuan dan target tim juga akan
tercapai.
Jika ingin meraih kesuksesan dalam
pekerjaan maka tanamkanlah etos kerja yang baik. Sesulit dan sebanyak apapun
pekerjaan yang diberikan, jalani dengan penuh rasa tanggung jawab, semangat,
disiplin, dan jangan pernah mengeluh pada saat mengerjakannya. Karena mengeluh
adalah sifat negatif yang dapat merusak etos kerja dalam diri. Untuk mencapai
kesuksesan yang sesungguhnya memang dibutuhkan proses yang tidak mudah. Suatu
hal yang dibangun dengan proses dan kerja keras akan memiliki hasil yang baik,
tidak mudah hancur, dan juga bermakna. Sebaliknya jika hasil yang didapatkan
secara instan dan mudah, maka hasil tersebut akan mudah hilang bahkan tidak
dihargai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar