Minggu, 13 Oktober 2013

Antara Etos Kerja dan Sukses Perusahaan

بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

          Untuk mencapai tujuan perusahaan secara maksimal dibutuhkan etos kerja yang baik pada perusahaan tersebut. Etos kerja yang baik dalam suatu perusahaan akan membuat karyawannya memahami bagaimana cara mereka bekerja setiap harinya dan juga dapat membuat karyawan merasa senang dengan pekerjaannya. Cara berfikir, bersikap, dan berbicara karyawan dipengaruhi oleh etos kerja yang ada di dalam perusahaan. Dalam diri karyawan etos kerja yang baik itu sendiri dapat ditumbuhkan dengan memahami dan berfikir positif terhadap karakteristik pekerjaan yang dilakukannya, terutama jika karyawan tersebut mampu menumbuhkan sikap aktif, kreatif, dan inisiatif dalam bekerja. Oleh karena itu kelangsungan suatu perusahaan tergantung dari baik tidaknya etos kerja yang dimiliki oleh setiap karyawan yang ada pada perusahaan tersebut.

          Dalam meningkatkan etos kerja ada beberapa skill yang harus dimiliki oleh karyawan. Salah satunya yaitu Agile atau dapat diartikan dengan lincah ataupun cerdas. Karyawan tidak hanya dituntut untuk bekerja keras, tetapi juga harus bekerja secara lincah dan juga cerdas. Bekerja secara lincah / tangkas ini yaitu tindakan dimana seorang karyawan tahu mana pekerjaan yang harus didahulukan. Dengan bekerja secara tangkas maka seorang karyawan tidak akan tertinggal dengan perkembangan zaman yang semakin maju ini. Mencoba berpikir kedepan dan belajar dari masa lalu merupakan pandangan utama dari orang yang bekerja tangkas. Berpikir apakah tindakan yang dilakukan akan memberikan hasil yang maksimal, sehingga kesalahan yang sama tidak akan terulang lagi. Kerja cerdas merupakan kerja dimana telah diplanning secara matang terlebih dahulu sebelum melakukannya. Ketika seseorang bekerja secara cerdas, maka ia akan menghemat waktu dan juga tenaga dalam pekerjaannya. Kerja cerdas membuat pekerjaan menjadi lebih efisien tanpa memaksa diri terlalu keras dalam bekerja, serta cenderung menghasilkan solusi-solusi yang brilian untuk mengatasi masalah yang ada. Jadi, bekerja secara lincah dan cerdas dapat menghemat waktu dalam bekerja dengan memberikan hasil akhir yang optimal.
          Memperluas jaringan / hubungan bahkan secara internasional merupakan salah satu komponen penting yang harus dimiliki oleh suatu perusahaan. Perusahaan yang menginginkan pertumbuhan secara cepat harus memperluas posisi mereka secara internasional. Network atau jaringan itu sendiri bersumber dari manusia yang melakukan pekerjaan. Semakin luas Network yang dimiliki, semakin banyak pula informasi-informasi penting yang bisa diperoleh. Sehingga jika dalam melakukan pekerjaan terdapat masalah, akan ada banyak pihak yang bisa membantu untuk mengatasi masalah tersebut. Kemampuan untuk mengembangkan hubungan tergantung dari keterampilan yang dimiliki, yaitu kemampuan untuk memulai dan membangun sebuah koneksi yang tepat. Setelah itu peliharalah koneksi tersebut dengan sebaik-baiknya, sehingga manfaat hubungan dalam pekerjaan ini akan sangat terasa. Keengganan dalam mengembangkan hubungan akan membuat masa depan karyawan ataupun perusahaan menjadi suram. Dalam bekerja hubungan yang dibina tidak hanya di lingkungan internal saja, tetapi juga di lingkungan eksternal hingga skala internasional. Dengan memperluas hubungan hingga skala internasional akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah, cepat, dan efektif. Network yang tepat dapat menghindari pekerjaan yang menghabiskan waktu dan tidak perlu, dengan cara mencari informasi dari sumber-sumber yang lebih kompeten.
          Dalam dunia kerja kemampuan teknis bukanlah hal yang utama bagi seorang karyawan, tetapi sikap mental positif dan keinginan terus belajar adalah hal yang utama dan sangat penting. Keinginan terus belajar sangatlah penting dan bisa diaplikasikan dimana saja, terutama belajar dari rekan kerja dan lingkungan sekitar. Seorang karyawan dapat menimba ilmu dari rekan kerjanya, baik itu senior ataupun juniornya. Karena dalam bekerja tidak bisa jika hanya mengandalkan kemampuan individual saja, tetapi dibutuhkan kerja tim agar terciptanya hasil yang optimal. Ketika seorang karyawan merasa dirinya pintar, tetapi ia tidak ada respect kepada rekan kerjanya ataupun merasa lebih hebat, maka kepintarannya itu menjadi percuma saja, karena akan merugikan perusahaan dan dirinya sendiri. Mempelajari hal-hal atau pekerjaan baru bagi seorang karyawan tidak hanya menambah ilmu bagi dirinya, tetapi juga menambah pengalaman bagi jenjang karir nya. Berusaha mengerjakan hal-hal baru yang positif tentu akan mengasah kemampuan diri dan “memaksa” diri untuk keluar dari zona nyaman. Keluar dari zona nyaman memang terdapat resiko yang akan dihadapi, tetapi jika berada di zona nyaman tidak hanya menghindarkan diri dari resiko, melainkan juga kesuksesan. Resiko disini adalah mempertaruhkan kenyamanan yang dirasakan selama ini untuk meraih hasil yang lebih baik nantinya. Jika hal ini tidak berani dilakukan, tentu saja seseorang akan bergerak di tempat dan tidak akan maju, sehingga zona kesuksesan pun sulit untuk dicapai. Terus belajar hal-hal baru dan keluar dari zona nyaman akan membuat seseorang menjadi pribadi yang kreatif, sehingga nantinya ia akan tahu kemampuan tersembunyi yang ada di dalam dirinya.
          Sikap dapat dipercaya dan diandalkan yang dimiliki oleh karyawan merupakan hal yang penting baik dalam perusahaan maupun kehidupan pribadinya. Agar seseorang dapat menjadi orang kepercayaan, terlebih dahulu harus membuktikan diri bahwa ia layak dipercaya. Hal ini berarti ia dapat menjalankan pekerjaannya dengan baik dan penuh tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan, baik dalam kondisi diawasi ataupun tidak oleh pimpinannya. Dalam hal ini setiap individu seharusnya memiliki kesadaran untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan dirinya agar bisa menjadi pribadi yang dapat diandalkan dan dipercaya. Untuk menjadi pribadi yang bisa diandalkan seseorang semestinya bekerja secara cerdas, keras, dan cermat. Selain itu sikap tulus, kreatif, jujur, aktif, peduli lingkungan sekitar, dan disiplin dalam bekerja merupakan nilai tambah seseorang dimata rekan kerja ataupun pimpinannya. Tugas yang diberikan berarti suatu kepercayaan yang diberikan oleh atasan, dan jangan sia-siakan kepercayaan yang telah diberi. Jika berbuat kesalahan akuilah kesalahan tersebut dan meminta maaf serta memperbaikinya. Meskipun pekerjaan yang diberikan itu banyak, tetaplah bertanggung jawab menyelesaikannya secara maksimal tanpa pernah mengeluh ataupun meremehkan pekerjaan itu, sehingga pekerjaan akan selesai dengan cepat dan dengan hasil yang memuaskan. Untuk dapat menjadi individu yang bisa diandalkan, juga diharuskan adanya komunikasi dengan orang lain ataupun rekan kerja secara baik, mempunyai sikap positif dalam bekerja, dan mengembangkan diri secara terus-menerus. Ketika karyawan dan pimpinan sudah menjadi individu yang dapat diandalkan, maka setiap orang dalam perusahaan akan menjadi kuat dan perusahaan akan terus berkembang ke arah yang lebih baik.
          Sebagai makhluk sosial manusia cenderung tidak bisa hidup sendiri. Begitu pula di dalam perusahaan, seseorang tidak bisa bekerja sendiri untuk memajukan perusahaan tempatnya bekerja. Perusahaan yang ingin bergerak maju dengan brilian dibutuhkan kerja sama tim yang brilian pula antara bagian dan divisi dalam perusahaan tersebut. Jika antar bagian bekerja sendiri-sendiri tanpa ada kerja sama, maka akan sulit untuk mencapai tujuan perusahaan. Kerja sama tim merupakan peleburan berbagai individu yang menjadi satu untuk mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu ego masing-masing individu harus disingkirkan. Keahlian masing-masing anggota tim akan mempercepat proses pencapaian tujuan jika adanya kerja sama yang baik antara satu sama lainnya. Agar terciptanya kerja sama tim yang solid dalam perusahaan, setiap komponen perusahaan harus menentukan target bersama yang ingin dicapai. Karena tanpa adanya target, akan membuat pekerjaan yang dilakukan menjadi tidak terarah atau salah sasaran. Diharapkan dengan adanya target yang sama, setiap komponen perusahaan akan saling bekerja sama untuk mencapai target tersebut. Dan juga dibutuhkan sikap saling mendukung dan mengerti satu sama lain, pembagian tugas yang baik dan adil antar anggota tim, serta sikap saling menghargai dan percaya antar individu untuk terciptanya kerja sama yang efektif. Dengan adanya kerja sama yang efektif antara satu pihak dengan pihak lainnya, tugas dari setiap individu akan menjadi lebih ringan dan cepat selesai, sehingga tujuan dan target tim juga akan tercapai.
          Jika ingin meraih kesuksesan dalam pekerjaan maka tanamkanlah etos kerja yang baik. Sesulit dan sebanyak apapun pekerjaan yang diberikan, jalani dengan penuh rasa tanggung jawab, semangat, disiplin, dan jangan pernah mengeluh pada saat mengerjakannya. Karena mengeluh adalah sifat negatif yang dapat merusak etos kerja dalam diri. Untuk mencapai kesuksesan yang sesungguhnya memang dibutuhkan proses yang tidak mudah. Suatu hal yang dibangun dengan proses dan kerja keras akan memiliki hasil yang baik, tidak mudah hancur, dan juga bermakna. Sebaliknya jika hasil yang didapatkan secara instan dan mudah, maka hasil tersebut akan mudah hilang bahkan tidak dihargai.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar